Translate

Rabu, 27 Maret 2013

C H I L D H O O D

Selasa, 03 Maret 2009

Memiliki masa indah waktu kecil adalah kenangan yang tak tergantikan. Dulu kira-kira tahun 90an (masih belum ada PSP, HP aja jarang) aku dan teman-teman seperjuangan di kampung sering mencoba bermain-main, permainan "JADUL" alias jaman dahulu.

Kalo kalian masih inget tuh permainan, ada beraneka ragam permainan dan kesemuanya tuh bikin kita ketagihan. Sampai-sampai dulu tuh, ada permainan "MUSIMAN". So, kalo musim dah lewat, ya kita ga maen permainan itu, nih contohnya,.. di musim panas, permainan layang2 jadi suatu permainan yang tak tergantikan dan terbantahkan untuk ngga mencoba.

trus, ya, karena suatu alasan yang sangat akurat Jelas dan didasarkan dengan kata mufakat asal selamat, kita beralih dari layang-layang ke permainan "WAR CRAB" a.k.a perang-perangan pake biji jambu yang masih kecil (basa jawa : KARUK).

eh, pas kita maen "WAR CRAB" ada yang masih maen Layang-layang, langsung kita bilangin, "eh, pren, loe kemana aja..?!! ni da ga musim kale, GAULL dong..!!!!" yaa, kira-kira seperti itu de..

Permainan waktu aku kecil dan idup di "Kampung Gg Buntu" ada bunyak buanget, yang kalo aku sebutin satu2 bisa berpuluh-puluh taon baru kelar. Bahkan bisa aja sampe kiamat... hahahahaha..

Nih Contohnya :
1. Baseball - kalo di kampungku kira-kira namanya "KASTI"...
2. Soccer - nama keren nya "Bal-balan"
3. Hide and Seek - kalo ga salah sih "Delik-an"
4. Jamuran Gege, jenis permainan yang hanya diperbolehkan untuk anak-anak yang masih ingusan + bau kencur + lebih dari 5 childrens.

5. Gobak-Sodor, cuman permainan "aneh" yang sampe sekarang aku ga ngerti apa tujuan dari permainan yang satu ini nih.

6. Gundu - eehhmm,..... "Neker-an"

7. KWARTET - sori ni bukan nama penyayi jumlah 4, tapi lebih ke kartu permainan yang ada gambar-gambar jagoan "JADUL", kayak Heman, Megaloman, Power Rangers, Satria Baja hitam, en so on..

8. Perang-perangan - nah yang satu ini ada banyak banget jenis-jenis nya. Ada permainan yang make buah jambu yang masih kecil (KARUK), ada yang make biji penitian yang kalo kena baju langsung berwarna-warni trus kena caci maki ibu kita kartini yang baek hati... hehehehe, ada juga yang make bambu trus diisi koran yang diancurin pake aer.

9. "Pandemen" - kalo yang satu ni, yang paling ampuh diantara permainan yang ada. Ni ada 2 macem, ada yang di buat dari BAMBU, ato yang dibangun dari Tanah liat.cara permainan nya lebih sering make "KARBIT" yang di campur air trus nyalain aja pake api.... BOOOOOMMMMMMMMMM... menggelegar, membahana seluruh antero Jagad raya... kadang-kadang sampe di datengin orang-orang sekampung ya, gara-gara suaranya bikin orang kecing berdiri..masak mo kencing berlari, yang bener dunks.. hehehehe

10. "OSROG" - nih permainan yang paling seru, soale membutuhkan SKILL tinggi. So pastilah, nih membutuhkan keterampilan antara EYE + STRENGTH + BRAIN. Kurang lebih nya seperti ini nih, di tiap2 pemain di wajibkan punya satu Pecahan Tegel ato apa aja yang kita sebut "GACHO". trus kita bikin border antara kita sama "SOMETHINGs" untuk diperebutkan dengan memakai "GACHO" tadi. yang diperebutkan tuh biasanya, "Bungkus Rokok", jangan salah, ni lebih mirip JUDI lho. Gimana ngga, Bungkus Rokok tadi tuh kita kasih "Parameter" penentuan harga. Mis : Malrboro (M) - 5000 emas, Gudang Garam (GG) - 50 emas. jangan tanya, napa M lebih mahal dari GG...soale tuh Jaman dulu, jarang bgt yang ngerokok M masih jarang. so, harga mahal, nyarinya SUSAH..hehehe..

11. "Cublak-Cublak Suweng" - ya cuman permainan anak-anak cewe yang kurang kerjain, so jadi mereka ngerjain teman-temannya suruh nyariin sapa yang ngga make "Suweng". gini nih lagunya "Cublak-cublak suweng, Suweng e teng gelender, ambukak gunung gudhel, ta gemplo ela-elo sopo gelem ndelek ake, (Sir-sir-pok-delik-kopong) 1000x" kalo lagunya belum digubah, ya kira-kira seperti itu de...

12. "Tri Legentri" - yang satu ini juga hampir mirip permainan nomor 10. cuman yang kena terakhir yang harus ngumpulin temen2 jadi join ma dia. Lagunya "Tri Legentri nogosari, riwul-owal-awul jenang katul, dolan awan-awan ndelok manten, tenono mbesok gede dadi opo, podang... apaya LUPAAAA.. "
So Far, ya kira2 itu dee... bagi temen2 yang mo ikutan edit, boleh kok. kirim aja lewat komen,... c u. Terimakasih banyak atas kunjungan anda. Salam Jepit.

note : katanya nerangin sampe kiamat... ternyata cuman 12.. heheheeee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.