Translate

Kamis, 09 Juni 2016

ABRI - Angkatan Bersenjata Republik Indonesia

Logo TNI
Hari ini saya akan mencoba menjabarkan tentang militer Indonesia. Angkatan bersenjata RI telah berevolusi dari masa ke masa, baik dari masa pemerintahan jaman dulu sampai tahun 1998, dimana ada puncak revolusi reformasi yang sanggup menggulingkan pemerintahan Orde Baru. 

Dulu, sewaktu saya masih kecil, ditelinga kami lebih familiar dengan yang namanya ABRI, Angkatan Bersenjata Republik Indonesia. Hampir semua yang duduk dibangku SD, bercita cita menjadi ABRI, entah itu Angkatan Laut, Pilot, atau hanya ingin memakai seragamny saja, karena terlihat keren dan gagah. 

ABRI sendiri sejak Oktober 1971, telah berubah menjadi TNI dan Kepolisian. TNI terbagi menjadi 3 yaitu, TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara.

Sedangkan Polisi yang awalnya ikut dalam kesatuan TNI, dipisahkan sejak 1 April 1999 dan setahun berikutnya keluarlah TAP MPR VI/2000 dan Ketetapan MPR No VII/MPR/2000 tentang peran TNI dan peran POLRI, langsung dibawah Presiden, yang memiliku fungsi untuk pengamanan, ketertiban dan penegakan hukum. Jendral Polisi yang aktif saat penulisan blog ini adalah bpk Badrodin Haiti, kalau mau melihat dan lebih dekat dengan beliau bisa langsung saja menuju bioadata dari bpk Badrodin Haiti.


Pengembalian fungsi TNI dan menghapuskan Dwi Fungsi ABRI pada masa itu, membuat ABRI menjadi lebih mandiri, fokus, dan garda terdepan yang tidak terusik oleh politik. Saat blog ini ditulis, big boss TNI dipegang oleh bpk Jend Gatot Nurmantyo


Kedua jabatan diatas adalah hak dari Bapak Presiden untuk melakukan penunjukkan langsung, dan tinggal diserahkan ke DPR. Menurut pendapat saya, kedua jabatan ini adalah termasuk dalam jabatan "politis" karena adanya penunjukkan langsung dari Presiden, yang notabene sampai dengan hari ini Presiden merupakan usungan dari partai politik, untuk dapat menduduki posisi tersebut. 

Bukan selalu mengesampingkan keterlibatan politik dalam segala lini, tapi kenyataan yang terjadi adalah demikian... kok jadi ke politik... 

Anyway, semoga bermanfaat dan selalu berbuat yang terbaik bagi dirimu, sesama dan negerimu. Salam Jepit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.