Translate

Selasa, 11 Juni 2013

JENIS-JENIS PROCESSOR SMARTPHONE

Hampir dipastikan, bahwa semua orang sudah mengenal lebih jauh tentang smartphone yang didalam sakunya. Bahkan mereka mengenal dengan pasti isi dari hardware smartphone mereka. Mulai dari layar 2,2.5,3,3.2,3.5,3.7,4 sampai 10 inchi, entah itu Capasitive, Transitive, true HD dll, RAM mulai dari 256, 512, 1G bahkan 2G, didukung oleh Processor mulai 600, 800, 1G, 1.2G, 1.4G, 1.5G, 2G, single core, dual core dan quad core.

Jika diulas satu persatu, mungkin untuk satu pembahasan blog bisa panjang lebar. Disini, saya hanya akan mencoba mengulas beberapa tipe processor yang dibenamkan dalam smartphone untuk mengolah setiap instruksi dari pemilik.


1. Snapdragon (Qualcomm)


Yang pertama jatuh dari processor keluaran Qualcomm, merupakan nama besar pemilik chip dari teknologi CDMA. Qualcomm memiliki produk processor yang dikembangkan khusus untuk perangkat mobile, baik itu smartphone, tablet, smartbook. 

Snapdragon sendiri ada beberapa jenis, mulai dari Snapdragon 1, Snapdragon 2, Snapdragon 3, Snapdragon 4, Snapdragon 200, Snapdragon 400, Snapdragon 600, Snapdragon 800. Jika ingin lebih detail untuk spesifikasi dari masing-masing tipe, bisa langsung klik link berikut : http://en.wikipedia.org/wiki/Snapdragon_(system_on_chip)

Salah satu produk pemakai Snapdragon S4
Snapdragon S4 merupakan hasil pengembangan dari produk sebelumnya, dengan memberikan sentuhan lebih, baik konsumsi daya, kecepatan proses data, dengan produk yang sudah menggunakan Snapdragon S4 adalah Huawei Ascend G330DHuawei Ascend Y300Huawei Ascend G510HTC Desire XHTC Desire SVZTE TaniaLG Optimus L7 IISamsung Trend II Duos (GT-S7572), Sony Xperia M, Sony Xperia M Dual, HTC Windows Phone 8S (EU),Nokia Lumia 620Nokia Lumia 520Nokia Lumia 720, HTC Windows Phone 8S (US), Huawei Ascend W1HTC One SV (3G Version)Sony Xperia L, dll



2. Tegra (nVidia)

Processor yang kedua yang akan dibahas adalah Processor buatan dari nVidia. Dimana nama besar nVidia lebih sering didengar dan tidak asing bagi para komunitas komputer dekstop, untuk keperluan perangkat card VGA. Tapi di sini, nVidia, masuk dalam komunitas pengembangan Sircuit On Chip (SOC), yang sudah marak dengan perkembangan smartphone.

Produk yang telah dihasilkan oleh nvidia sendiri juga patut menjadi saingan para komunitas dalam SOC sendiri, produk mereka adalah Tegra APX, Tegra 6xx, Tegra 2, Tegra 3, Tegra 4 dan Tegra 4i. Produk keluaran terakhir mereka adalah Tegra 4i, yang sudah diselesaikan pada tanggal 19 Februari lalu.



Tegra 4i memiliki spesifikasi seperti berikut, untuk lingkungan otaknya masih didalangi oleh ARMv7, Quadcore ARM Cortex A9 yang mampu melesat sampai 2.3GHz, cache L1 sebesar 23KB untuk instruksi dan 23KB untuk data, dan L2nya 1M. Support GPU GeForce @ 60 Core, 660MHz, 79 GFLOPS = 48 PS + 12 VU x 0.660 x 2 (79 GFLOPS). 

Jika masih penasaran untuk spesifikasi yang lainnya, bisa langsung masuk ke link berikut : http://en.wikipedia.org/wiki/Tegra



3. EXYNOS (Samsung Elektronik)

Processor Exynos merupakan hasil dari pengembangan yang telah dilakukan oleh Samsung Elektronik. Menurut sejarahnya, produk pertama yang dihasilkan oleh Samsung adalah S5PC110 pada tahun 2010, yang disematkan dalam produk mereka yang bernama Samsung Galaxy S, dengan menggunakan CPU ARM Cortex A8.

Sampai dengan tahun ini, hasil dari produk Samsung Elektronik tidak kalah jauh dengan mereka yang berkecimpung dalam SoC sendiri, produk mereka adalah Exynos 3, Exynos 4 dan Exynos 5.  Namun, dari ketiga produk mereka tersebut, memiliki turunan produk pengembangan sendiri. 



Exynos 5 octa, yang sebelumnya bernama Exynos 5410, merupakan seri produk mereka yang paling update untuk tahun 2013 sekarang ini. Untuk ARM Cortex A15 adalah seri quadcore 1.6-1.8GHz sedangkan untuk ARM Cortex A7 merupakan seri quadcore 1.2-1.4GHz. 

Produk Samsung Elektronik, Exynos 5 octa sudah disematkan dalam produk Samsung mereka keluaran terbaru, Samsung Galaxy S4. Silahkan dicoba sendiri sensasi dari CPU terbaru Exynos hasil dari pengembangan Samsung Eletronik. Detail produk merek : http://en.wikipedia.org/wiki/Exynos


4. OMAP (Texas Instument)

Bahasan yang terakhir penulis tentang Processor SoC, adalah keluaran dari  Texas Instrument. Disini Texas Instrument, memiliki pengembangan untuk SoC sendiri tidak hanya bergerak dari tipe Processor, tapi mereka juga menghasilkan Multimedia Application Processor, Integrated Modem, dan OMAP L-1x.

OMAP sendiri adalah sebuah singkatan dari Open Multimedia Application Processor. OMAP family yang lebih familiar adalah seperti dalam tabel berikut :
  • High-performance applications processors
  • Basic multimedia applications processors
  • Integrated modem and applications processors



High performance Application Processors, memiliki 5 generasi, dari OMAP 1, OMAP 2, OMAP 3, OMAP 4, dan OMAP 5. OMAP 5, memiliki seri ARM sama seperti yang dipakai oleh Samsung Elektronik, yaitu ARM Cortex A15 dual core 1.5-1.7 ditambah dengan 2 pcs Cortex M4.

Jika masih penasaran silahkan langsung cek di link berikut : http://en.wikipedia.org/wiki/OMAP

Terimakasih banyak atas kunjungannya, Salam Jepit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.