Translate

Rabu, 22 Mei 2013

5G



Saat pertamakali mendengarkan kata "5G", yang langsung terbersit dibenak kita, kira-kira apa? sebuah Handphone keluaran terbaru? seri mobil balap terbaru? atau sebuah gebrakan teknologi terbaru? lebih tepatnya adalah, teknologi telekomunikasi terbaru.

Setelah perkembangan yang cukup signifikan dalam sepuluh tahun terakhir, teknologi telekomunikasi, sudah bergerak sangat cepat, dengan kemajuan pengembangan dan penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak, membuat dunia telekomunikasi tidak pernah ketinggalan jaman.



Kata "5G" atau lebih idealnya disebut perkembangan teknologi LTE terbaru. LTE sendiri adalah Long Term Evolution, pemberian nama untuk tekonologi sekarang ini, merupakan perkembangan dari GSM/HSDPA/HSPA. 

Pada saat "4G" lebih mengacu pada standar akses radio teknologi yang lebih besar, dari teknologi "3G", sedangkan "5G" sendiri, merupakan pengembangan dari teknologi "4G" dari sisi kapasitas, mengkombinasikan dengan evolusi radio teknologi.



NSN (Nokia Siemens Networks) sudah melakukan penelitian untuk teknologi "5G", bahkan sudah memiliki visi 3 pilar untuk teknologi "5G" ini.

Penggunaan Spektrum yang lebih baik

Perluasan jumlah spektrum yang tersedia dengan mengadopsi frekuensi baru dan menggunakan spektrum yang lebih efisien. Cara baru untuk memungkinkan penggunaan spektrum secara bersama adalah dengan ASA/LSA, dimana ASA (Authorized/Licensed Shared Access) dan LSA (Licensing Light and Co-Primary Sharing).

Penggunaan BTS yang lebih lagi

Pilar lain dari 5G akan menggunakan lebih banyak BTS yang tersebar pada jaringan yang heterogen (HetNet), menggabungkan situs makro dengan BTS yang lebih kecil dan menggunakan berbagai teknologi radio. Ini akan mencakup LTE / LTE-A, HSPA, Wi-Fi dan setiap teknologi 5G masa depan, terintegrasi fleksibel dalam kombinasi apapun.

Dapatkan kinerja terbaik

Mendapatkan kinerja terbaik adalah tujuan utamanya, dengan menggunakan teknologi "5G", diharapkan akan mendapatkan pelayanan yang lebih baik ke semua pelanggan baik diwilayah urban, sub-urban dan rural. METIS adalah project dari NSN bekerjasama dengan Universitas dan Operator seluler terkemuka.


Insight menyelidiki masa depan 5G

Salah satu bentukan NSN, yang memiliki banyak peneliti dan mereka akan berjuang keras untuk terselenggaranya "5G" ke jaringan komersial. Insight akan mengikuti perkembangan erat melalui serangkaian artikel reguler di dalam berkembangannya teknologi "5G" dalam bulan dan tahun-tahun mendatang. 

Di belahan negara lain, ada Vendor Samsung yang sudah berhasil masuk dalam teknologi "5G" dengan sukses mencapai download speed sebesar 1Gbps, antena 28 hertz wveband dan 64 antena elemen berbeda, jarak maksimal mencapai 2 km. Secara teori, untuk teknologi 4G adalah sebesar 75Mbps, faktanya, untuk 75Mbps sudah sangat cepat bro.


Sebenarnya tidak hanya Samsung yang sudah merasakan teknologi "5G". Jepang, NTT DoCoMo sudah memberikan klarifikasi beberapa bulan yang lalu sebelum Samsung, dengan download speed mencapai 10Gbps, antenna 400Mhz Spektrum. 
Terimakasih banyak atas kunjungan anda. Salam Jepit.

Sumber : 
1. http://www.nokiasiemensnetworks.com/news-events/insight-newsletter/articles/5g-is-coming-but-what-does-it-mean#%2EUXgyNVO_DbQ%2Etwitter
2. http://crackerpie.com/2013/05/12/samsung-tests-5g-mobile-network-technology-with-1gbps-download-speed/
3.  http://mashable.com/2013/05/13/samsung-5g/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.