Translate

Kamis, 11 April 2013

Gelang menggunakan jaringan sosial untuk melindungi aktivis hak-hak sipil

Memperjuangkan hak-hak asasi manusia merupakan suatu usaha mulia, tetapi juga sangat berbahaya di tempat-tempat di mana pertarungan yang tidak hanya berdebat tentang abstraksi. Menyadari kemungkinan yang sangat nyata dari kampanye yang dipukuli, diculik atau dibunuh, Hak Sipil Pembela di Stockholm telah meluncurkan Proyek Natalia. Dinamai setelah Natalia Estemirova, seorang aktivis hak asasi manusia yang diculik dan dibunuh di Chechnya pada tahun 2009, hal ini didasarkan pada sebuah gelang elektronik yang mengirimkan alarm teks pra-diprogram jika diaktifkan atau paksa. 


Gelang adalah sistem alarm nirkabel serangan dimaksudkan untuk segera menarik perhatian pada setiap serangan terhadap aktivis hak asasi manusia. Idenya adalah bahwa dalam hal terjadi serangan, pemakainya dapat mengirim peringatan atau peringatan secara otomatis dikirim jika gelang dihilangkan secara paksa.
Hak Sipil Pembela agak kabur pada teknologi, yang dapat dimengerti. Namun, hal itu mengungkapkan bahwa menggunakan GPS dan teknologi GSM dan bahwa gelang diprogram dengan "protokol individu untuk keamanan." Selain gelang, Proyek Natalia juga mendorong orang untuk mendaftar menggunakan Twitter atau Facebook untuk menerima update mingguan pada proyek serta menjadi bagian dari jaringan peringatan global.
Menurut organisasi, jika sinyal marabahaya diaktifkan, ia akan mengirimkan peringatan pra-tertulis memberitahukan kepada para sukarelawan terdekat untuk merespon, serta Pembela Hak Sipil HQ di Stockholm. Pesan ini termasuk timestamp dan lokasi berdasarkan triangulasi ponsel. Pesan tentang penyerangan dan program yang direkomendasikan tindakan yang dikirim melalui email, SMS, Facebook dan Twitter kepada mereka yang mendaftar ke proyek. Harapannya adalah bahwa segera, publisitas luas tentang serangan akan memungkinkan masyarakat untuk membawa tekanan untuk menanggung atas nama korban.
Hak Sipil Pembela berharap untuk menyebarkan 30 dari gelang tahun ini dan memiliki 55 digunakan pada tahun 2014. Namun, hanya satu telah didanai sejauh ini. Terimakasih banyak atas kunjungan anda. Salam Jepit.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.